Cara mengganti warna baju photoshop

Bagaimana cara mengganti warna baju dengan menggunakan photoshop

manipulasi warna dengan photoshop




Dengan menggunakan software photoshop bukanlah hal yang tidak mungkin jika hanya mengganti warna saja, tapi jika anda sedang berada disini berarti anda sedang ingin mempelajari atau mendalaminya ukan?? baiklah mari kita belajar bersama-sama mengenai teknik manipulasi yang menurut saya masih dasar ini. pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengganti warna dengan salah satu fitur yang ada di photoshop yaitu color replacement, fungsi dari fitur ini yaitu mengganti atau merubah warna yang diambil dari suatu sample foto.

baiklah langsung saja kita mulai tekniknya
fitur dan tool yang digunakan:
  1. color replacement
  2. eraser tool
  3. blanding option
sebenarnya hanya dengan menggunakan color replacement saja sudah cukup untuk mengganti warna akan tetapi jika kita menginginkan hasil yang lebih realistik lagi maka kita dapat memanfaatkan eraser tool dan juga blending option. 

1. buka file foto yang ingin diganti warnanya dengan menekan perintah tombol ctrl+o atau dengan mengakses menu file kemudian open.

2. jika file foto sudah terbuka silahkan anda duplikat  layer utama dengan menekan tombol ctrl+j atau melakukan drag and drop ke icon new layer dibawah tab layer.


duplikat layer utaman




3. setelah penggandaan layer utama selesai sekarang akses menu image > adjustment > replace color seperti gambar dibawah ini.


replace color



4. jika langkah anda sudah benar maka anda akan dibawa menuju ke jendela baru untuk melakukan pengaturan terhadap color replacement tersebut. aktifkan color picker seperti yang saya beri kotak merah di pojok kiri atas klik warna yang ingin anda ubah kemudian atur slider fuzzines untuk mengatur skala atau luas area warna yang akan diubah seperti contoh dibawah ini.


pengaturan fizzines pada photoshop



5. kemudian pada bagian result itu menunjukan warna apa yang akan dihasilkan, klik pada kotak tersebut untuk memilih warna yang diinginkan kemudian klik ok.


memilih warna yang akan menggantikan

6. tentu anda sudah melihat perubahan warnanya bukan, jika anda merasa kurang puas dengan warna yang dihasilkan silah atur beberapa tambahan seperti berikut ini.

atur blending option menjadi color dan jika anda merasa warna terlihat terlalu mencolok silah atur opasitas yang disesuaikan dengan selera anda.
hapus bagian warna yang dirasa mengenai kulit dengan menggunakan eraser tool.


tambahan



7. sekarang mari kita lihat hasil dari kerja kita.


hasil perubahan warna



dibawah ini adalah hasil sebelum dan sesudah dimanipulasi.


sebelum dan sesudah

demikian tutorial manipulasi sederhana yang dapat saya bagikan kepada anda semuanya, selamat mencoba dan semoga berhasil.

saran dan komentar sangat dibutuhkan di blog ini.

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Cara mengganti warna baju photoshop"

  1. memang menyebangkan sekali ya kalau bisa photoshop, bisa sesuka hati berkreasi. Thanks tutorialnya...

    BalasHapus
  2. Ternyata ngedit foto di Photoshop itu memang keren banget ya min dan pasti nya lebih lengkap di bandingkan dengan aplikasi lain yang satuan gitu. Thanks

    BalasHapus