menyeleksi rambut di adobe photoshop

cara menyeleksi rambut di adobe photoshop


Menyeleksi rambut merupakan bagian dari pekerjaan yang gampang-gampang susah bila kita tidak mengetahui seperti apa tekniknya. karena jika kita hanya mengandalkan tool pada photoshop saja tidak akan menghasilkan seleksi yang sempurna, contohnya saja jika kita menggunakan quick selection ataupun menggunakan lasso tool alhasil seleksi yang diperoleh merupakan gambar dengan sisi-sisi yang tidak rata. 

pada tutorial kali ini saya akan memberikan teknik mengenai cara menyeleksi rambut hingga terlihat detil dengan menggunakan perpaduan tool dan juga fitur pada photoshop.

fitur dan tool yang digunakan:
  1. quick selection tool
  2. layer mask
  3. refine mask
  4. brush tool
  5. eyedropper tool 
pengerjaan:
1. buka file foto atau gambar yang akan diseleksi dengan perintah ctrl+o atau dengan mengakses menu file kemudian open.

2. pilih quick selection tool yang berada pada pojok kiri jendela photoshop.





3. seleksi bagian rambut yang terlihat dominan seperti gambar dibawah ini.


4. setelah anda menyeleksi bagian rambut yang terlihat dominan, kemudian buatlah layer mask yang berada dibawah tab layer.





5. jika anda melakukannya dengan benar maka hasilnya akan seperti dibawah ini.





6. klik pada kotak layer mask yang telah anda buat kemudian akses menu select dan pilih refine mask seperti gambar dibawah ini.





7. buatlah settingan seperti dibawah ini dan selaksi bagian rambut yang masih belum terseleksi seperti pada ujung-ujung rambut.


8. maka detil rambut akan terlihat lebih rapi dibandingkan hasil sebelumnya. buatlah duplikat layer jika detil rambut dirasa kurang jelas dengan perintah ctrl+j atau drag layer ke bagian bawah layer yang berbentuk lembar baru.





9. aktifkan eyedropper tool yang berada disamping kiri jendela photoshop kemudian pilih bagian rambut yang brwarna gelap atau coklat gelap seperti dibawah ini.





10. tahan tombol ctrl kemudian klik pada kotak layer mask yang paling atas jika anda melakukan duplikat layer sebelumnya. setelah itu akan terlihat seleksi bagian-bagian rambut, setelah itu aktifkan layer yang baru dibuat dan buatlah layer mask pada layer tersebut. pastikan seleksi masih aktif.



11. aktifkan kotak layer mask pada layer yang baru dibuat dan kemudian aktifkan tool brush dengan menekan tombol b atau anda juga dapat memilihnya secara langsung pada sisi kiri jendela photoshop.
atur besar dan opasitas brush sesuai dengan keadaan foto kemudian gosok pada bagian ujung-ujung rambut. jika anda melakukannya dengan settingan yang tepat dan mengikuti langkah maka hasilnya akan terlihat seperti berikut.




Demikian tutorial sederhana yang dapat saya berikan semoga bermanfaat dan selamat mencoba semoga berhasil.
saran dan komentar sangat diharapkan demi perbaikan tutorial pada blog ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "menyeleksi rambut di adobe photoshop"

Posting Komentar