menghilangkan bagian foto yang tidak diinginkan dengan photoshop

Menghilangkan bagian foto yang tidak diinginkan dengan photoshop



Pada situasi tertentu terkadang kita tidak menginginkan objek ataupun bagian tertentu ikut dalam foto yang kita ambil, atau mungkin kita memang ingin untuk menghilangkannya.
nah, pada tutorial kali ini saya akan menunjukan bagaimana cara untuk menghilangkan objek tertentu yang tidak kita inginkan dengan memanfaatkan fitur fill pada photoshop. sebenarnya fitur ini fungsinya sangat mirip dengan spot healing tool seperti pada tutorial saya sebelumnya tentang cara menghilangkan jerawat di foto namun perbedaan fitur fill ini adalah kita dapat memilih objek yang lebih luas dan lebih terarah, karena kita dapat melakukan seleksi pada objek tertentu walaupun objek tersebut bentuknya tidak beraturan. baiklah mari kita bahas tutorialnya:

fitur dan tool yang akan digunakan:
1.  Lasso Tool
2. fitur fill

Pengerjaan:
1. buka file foto yang akan dihilangkan objeknya dengan memilih menu file-open atau dengan menekan shortcut ctrl+o, gambar yang saya gunakan adalah foto seseorang yang sedang berbaring ditengah jalan yang tidak tahu mengapa sebabnya :).





2. setelah file gambar terbuka silahkan pilih lasso tool pada bagian sebelah kiri dari jendela photoshop seperti pada gambar yang saya beri kotak merah dibawah ini.



3. setelah anda memilih lasso tool kemudian seleksi objek dengan cara klik dan tahan mouse mengelilingi objek yang akan dihilangkan seperti gambar dibawah ini.


4. Langkah berikutnya adalah memilih menu edit kemudian pilih menu fill atau dapat juga menggunakan shortcut shift+f5. 




5. jika semua langkah anda lakukan dengan benar maka anda akan dibawa menuju jendela baru untuk melakukan setting pada menu fill tersebut. pastikan pada bagian use anda pilih content enywhere dan untuk yang lainnya silahkan disamakan saja.

 

6. setelah anda melakukan penyettingan pada langkah ke-5 kemudian klik ok atau enter. mari kita lihat hasilnya dibawah ini.





7. sekarang anda bisa lihat objek yang ingin kita hilangkan sudah tidak ada lagi. selamat mencoba.

 demikian tutorial sederhana yang bisa saya berikan untuk segala kekurangannya saya mohon maaf karena saya tahu masih banyak para ahli photoshop dibandingkan dengan pengetahuan saya yang sangat sdikit ini. atau mungkin bahkan anda jauh lebih mahir dari pada saya..

komenter dan saran sangat diharapkan di blog ini.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "menghilangkan bagian foto yang tidak diinginkan dengan photoshop"